Sabtu, 14 Juli 2012

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

perkembangan-teknologi
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun juga semakin berkembang. Banyak sekali kita rasakan pengaruh kemajuan teknologi, terutama pada gadget. Teknologi yang kian berkembang seringkali membantu kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Itulah manfaat dari perkembangan teknologi.
Namun, ada sisi negatif dari perkembangan teknologi, misalnya membuat kita jadi terhipnotis dan cenderung lebih menyukai dunia maya serta melupakan dunia nyata. Kini ada orang yang mendapatkan kekasihnya melalui internet, khususnya lewat jejaring sosial. Sayangnya, hubungan tersebut, seringkali kurang harmonis dibandingkan dengan cara tradisional, yaitu pertemuan nyata.
Sekarang, mulai dari balita sudah akrab dengan teknologi, misalnya dengan permainan dalam Laptop. Mereka lambat laun lebih tertarik dengan teknologi dan jika kurang diperhatikan, maka mereka cenderung hidup dengan gadget tersebut. Hingga kasih sayang orangtua kepadanya kurang terasa.
42-19952992
anak-cerdas
Tak hanya itu, dampak negative juga sering saya liat dari para pengguna smartphone dan BlackBerry. Kedua gadget tersebut menjadi gadget yang paling banyak saya temukan di lingkungan sekitar saya, mulai dari anak-anak hingga dewasa, kebanyakan telah menggunakan BlackBerry yang terkenal karena fitur BlackBerry Messengger (BBM).
Contoh dampak negative dari gadget tersebut adalah ketika saya sedang reuni dan mengajak teman saya mengobrol, teman saya tampaknya mengacuhkan saya dan lebih asik chat dengan teman BBM nya. Melihat hal tersebut, akibatnya pasti lawan bicara akan kesal, jika dibiarkan dapat merusak hubungan persahabatan.
autis_pengguna-blackberry-wanita-cantik
autis-blackberry-di-burger-king
Itu hanyalah salah satu contoh bagaimana penggunaan teknologi yang kurang baik hingga dapat menyebabkan dampak negative. Sungguh merugi jika kita memiliki gadget dengan teknologi tinggi, namun tidak memiliki teman di dunia nyata. Teknologi tersebut membuat kita lupa bahwa kita hidup dalam dunia nyata, dimana kita manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.
Oleh karena itu, saran saya, manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin. Jangan sampai teknologi malah mempengaruhi kehidupan sosial kita. Teknologi dibuat untuk mempermudah dan melayani kita untuk kegiatan kita di dunia nyata, bukannya membuat kita menjadi lebih hidup dalam dunia maya.
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan kepada para blogger semua, mengingat cukup banyak orang yang telah terpengaruh akan gadget dan dunia maya. Semoga hal tersebut tidak mempengaruhi kita. Terima kasih.

0 komentar:

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.
Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail